Saturday, March 10, 2012

PROSESI ADAT NYORONG


PROSESI ADAT NYORONG
            Acara adat dalam perkawinan memiliki tahap-tahap tertentu diantaranya adalah:bajajak,bakatoan,basaputis,bada,nyorong,barodak nika,dan tokal basai.
            Nyorong adalah upacara mengantar barang barang dari pihak kerluarga calon pengantin laki-laki ketempat calon pengantin perempuan barang barang itu adalah kelengkapan yang sudah disepakati pada saat kegiatan basaputis yang akan dipergunakan untuk pelaksanaan perkawinan,baik untuk acara nika maupun tokal basai. Sering terjadi bahwa barang-barang tersebut juga dihajatkan untuk kedua pengantan setelah mereka hidup berumah tangga kelak.
            Barang-barang tersebut diantarkan secara beramai ramai yang dipimpin oleh tokoh masarakat atau tokoh agama.biasanya barang2yang diantar itu berupa: bahan bahan makananpoko,bahan pembuat kue,ternak, pakaian, serta tempat tidur.
            Nyorong bertujuan selain untuk membantu dan meringankan beban keluarga pihak pengantin perempuan dalam menghadapi upacara tokal basai (resepsi pernikahan), juga sebagai acara silaturrahmi antara kedua pihak keluarga pengantin.
            Dalam perjalanan menuju kerumah pengantin perempuan, rombongan nyorong disemarakkan dengan kesenian ratip rabana ode.
            Sesampainya dirumah calon pengantin perempuan,rombongan nyorong disambunt dengan acarara rabalas lawas sehinga membuat suasana penuh keakraban dan kemudian dilanjutkan dengan menyerah kan barang-barang bawaan kepada pihak keluarga calon pengantin perempuan.


No comments:

Post a Comment